Pages

Berita

Monday, May 21, 2012

Perbaikan Gizi Perbaikan Prestasi

Kabupaten Garut adalah salah satu kabupaten di Indonesia yang menerima program Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS). Kabupaten ini adalah satu-satunya kabupaten di provinsi Jawa Barat yang terpilih untuk mengikuti program PMTAS ini. Tentu saja hal ini perlu disambut gembira oleh warga Garut. Selain dikarenakan menyisihkan kabupaten-kabupaten lain di Jawa Barat, hal ini juga sebagai kesempatan untuk memperbaiki gizi anak, tepatnya anak usia Taman Kanak-kanak (TK/RA) dan juga anak usia tingkat Sekolah Dasar (SD/MI). Dikatakan demikian karena PMTAS sendiri bertujuan memperbaiki gizi anak. Ini artinya kabupaten Garut adalah salah satu kabupaten yang menurut pemerintah merupakan salah satu kabupaten yang tingkat konsumsi gizi masyarakatnya tegolong buruk atau kurang. Sehingga kabupaten ini menjadi salah satu kabupaten di Indonesia yang menerima program PMTAS.

Program PMTAS di kabupaten Garut disambut gembira oleh para kepala sekolah SD/MI dan TK/RA. Khususnya mereka yang lembaga pendidikannya menerima program PMTAS ini. Hal ini dikarenakan siswa-siswanya dapat menikmati makanan tambahan yang bergizi. Selain itu program PMTAS juga dapat dijadikan salah satu metode untuk meningkatkan presensi atau kehadiran siswa. Karena sejak adanya program ini, siswa tak pernah terlihat ada yang bolos atau tidak hadir di sekolah. Pernyataan tersebut dibenarkan oleh Bapak Hadiman, selaku salah seorang guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) di desa Pasirwangi-Garut. Beliau juga mengatakan bahwa program PMTAS ini tepat dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar/prestasi siswa melalui perbaikan gizi.

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Pepatah ini memiliki makna yang benar. Karena jika tubuh kita sehat, apapun bisa kita lakukan. Termasuk untuk meningkatkan kecerdasan. Baik kecerdasan berfikir, maupun kecerdasan spiritual berupa akhlak mulia. Program PMTAS ikut berperan dalam mewujudkan kesehatan tubuh anak. Makanan bergizi yang didapat dari program ini sangat berperan terhadap kesehatan tersebut. Sehingga dengan program ini, anak menjadi lebih cerdas, berprestasi, juga lebih rajin dan semangat untuk berangkat sekolah dikarenakan tubuh mereka sehat.

Kesimpulannya adalah program PMTAS relevan dilaksanakan untuk meningkatkan prestasi anak. Terlebih di daerah yang masyarakatnya tergolong rendah dalam mengonsumsi makanan bergizi. Mudah-mudahan selain program ini, pemerintah juga membuat program lainnya yang lebih baik lagi. Hal ini demi memperbaiki dan memajukan prestasi bangsa.


No comments:

Post a Comment