Pages

Berita

Monday, September 19, 2011

Oleh-oleh dari Kota

Sejak lama warga Pasirwangi melihat pemandangan padatnya lalu lintas kendaraan di kota besar, Jakarta pada khususnya, hanya melalui siaran televisi. Namun sejak tahun 2009, warga tak lagi hanya menyaksikan lewat media, melainkan langsung pemandangan itu dapat disaksikan di halaman rumahnya.

Ketika 'kaum kapitalisnya' mulai melihat peluang pemanfaatan alam sekitar begitu menakjubkan, mereka berlomba menata halaman rumah dan kebun menjadi surga bagi mereka yang membutuhkan tempat yang suasananya jauh dari penat, panas, dan hiruk-pikuk aktifitas kota yang kian hari kian tak bersahabat.

Adalah setiap akhir pekan dan ketika libur panjang, jalan raya sepanjang kecamatan Pasirwangi sudah tak aneh lagi diisi oleh kendaraan-kendaraan yang dkemudikan nyaris tak bergerak maju. Bukan konvoi atau berdemo, mereka adalah pendatang dari kota yang penasaran dan ketagihan menikmati alam pegunungan 'Darajat'. Yang juga merupakan lokasi proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi terbesar di Indonesia.

Para pendatang sengaja berkunjung dari kota sekitar, bahkan dari kota besar luar provinsi untuk berekreasi di pemandian air panas alam yang makin banyak ditemui di sekitar Darajat. Mereka tak hanya menikmati hangatnya berendam di koalm air panas, tapi juga bisa menikmati makanan sambil dimanjakan oleh pemandangan yang kembali menyegarkan pikiran mereka. Sehingga tak aneh jika mereka pasti kembali datang membawa keluarga, teman, atau kolega bisnis mereka, dan dampaknya pun membantu berpartisipasi memacetkan jalan raya.

2 comments: